ALUR PERANCANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF

A. KONSEP MULTIMEDIA INTERAKTIF
1.     Definisi Multimedia Interaktif
a.      Terminologi Multimedia
Secara umum Multimedia berasal dari dua kata dalam bahasa latin, yaitu multi dan medium. Multi memiliki arti bermacam-macam, sedangkan medium memiliki arti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu.. Sedangkan secara termologi (menurut istilah) multimedia bisa diterjemahkan sebagai penggunaan berbagai media yang berbeda untuk membawa atau menyampaikan informasi dalam bentuj teks, grafik, animasi, audio, video dan atau gabungan dari beberapa komponen tersebut. Beberapa ahli yang memberikan pengertian multimedia antara lain:
1)     Heinich, Russel, Molenda, Smaldino
Multimedia adalah bermacam gabungan dari satu atau lebih susunan media yang ada didalam bentuk informasi atau program.
2)     Hofstetter
Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool sehingga end-user dapat berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.
3)     Mc Comick
Multimedia adalah kombinasi dari tiga elemen yaitu s uara, gambar, dan teks.
4)     Rada
Multimedia adalah Gabungan dari berbagai media yang ada.
5)     Rosch
Multimedia adalah Kombinasi dari komputer dan video.
6)     Turban dan kawan-kawan
Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input dan output.Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik, dan gambar.
7)     Vaughan
Multimedia adalah suatu gabungan dari suara, teks, gambar, animasi, dan juga video yang diberikan dengan memakai barang elektronik seperti komputer dan lain-lain.

b. Klasifikasi Multimedia 
c. Komponen Multimedia
1)     Animasi
2)     Gambar
3)     Teks
4)     Audio Video

2. Manfaat Multimedia Interaktif
Manfaat Multimedia Interaktif dalam bidang Pendidikan / Khususnya Pembelajaran
  • Proses pembelajaran lebih menarik,
  • lebih interaktif,
  • jumlah waktu mengajar dapat dikurangi,
  • kualitas belajar dapat ditingkatkan, dan proses belajar mengajar dapat dilakukan dimana dan kapan saja, serta sikap belajar siswa dapat ditingkatkan.
Sedangkan keunggulan multimedia dalam hal pembelajaran antara lain  sebagai berikut :
  • Memperbesar benda yang sangat kecil dan tidak tampak oleh mata, seperti kuman, bakteri, elektron, dan lain-lain.
  • Memperkecil benda yang sangat besar, yang tidak mungkin dihadirkan di sekolah, seperti gajah, rumah, gunung dan lain-lain.
  • Menyajikan benda atau peristiwa yang kompleks, rumit dan berlangsung cepat atau lambat, seperti sistem tubuh manusia, bekerjanya suatu mesin, beredarnya planet Mars, berkembangnya bunga dan lain-lain.
  • Menyajikan benda atau peristiwa yang jauh, seperti bulan, bintang, salju dan lain-lain.
  • Menyajikan benda atau peristiwa yang berbahaya, seperti letusan gunung berapi, harimau, racun dan lain-lain.
  • Meningkatkan daya tarik dan perhatian siswa.
Secara umum manfaat Multimedia Interaktif dapat dijadikan media :
  • Promosi (Company Profile,Iklan)
  • Tutorial (Panduan penggunaan alat)
  • Hiburan (Game)
  • dll
3. Tools dan Penggunaan


B. DESAIN PADA MULTIMEDIA INTERAKTIF

Comments

Popular posts from this blog

Tugas 1

BAB II Desain Perancangan Alur Untuk Multimedia Interaktif Berbasis Halaman Web dan Media Interaktif